• Jagalah Allah, Niscaya Allah akan Menjagamu

    Dari Abul ‘Abbas ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Pada suatu hari aku pernah berada di belakang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau bersabda, ‘Wahai anak muda! Sesungguhnya aku akan mengajarkan beberapa kalimat kepadamu. Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu

    Read More
  • Dia Bersamamu

    Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. – (Q.S Al-Hadid: 4)

    Read More
  • Featured Slide 3 Title

    Go to edit html of your blogger blog and find these sentences. Now replace these sentences with your own descriptions. This is a blogger template by NewBloggerThemes.com...

    Read More

16 December 2011

Huruf "c" dan "b" - Play Doh

Griya Ihsani 1, 16 Desember 2011

Alhamdulillah belajar alfabet melalui craft membuat Aika lebih bersemangat, tidak bosan dan tidak stres, Aika cukup fun dan enjoy dengan cara belajar ini. Dengan cara ini juga kemampuannya untuk mengingat bentuk huruf juga lebih baik.

Selanjutnya Aika akan membuat huruf  "c" dengan play doh murmer bikinan Bunda. Play doh terbuat dari tepung terigu, pewarna makanan dan air. Campur semua bahan lalu uleni sampai kalis. Play doh siap dibentuk :)
Share:

13 December 2011

Kepik Merah Hitam

Griya Ihsani1, 13 Desember 2011

Kepik, serangga ini memiliki bentuk dan warna yang lucu. Bentuknya mungil, warnanya merah dan hitam. Sayangnya di Jakarta ini susah sekali menemukan kepik. Klo gitu kita bikin kepik aja dulu yok...
Share:

09 December 2011

Jika Anak Berimajinasi Lewat Gambar

Anak dengan kecerdasan visual spasial adalah pengamat dunia, mereka peka terhadap tanda- tanda alam dan mengamatinya secara menyeluruh.
Meggy, murid kelas 4 SD, begitu lincahnya menggerakkan jari-jari tangannya menggambar ibu guru yang tengah mengajar di depan kelas. Visual coretan yang ditampakkannya cukup sempurna.
Share:

06 December 2011

Ruang Belajar dan Ruang Bermain

Batasan antara belajar dan bermain sesungguhnya sangat tipis. Apalagi pada anak-anak. Mereka relatif tidak mengenal batasan itu. Yang penting menyenangkan, maka itulah yang mereka pilih dan sukai.
Belajar itu selalu serius?

Banyak orangtua mendefinisikan bahwa kegiatan belajar adalah sesuatu yang dilakukan dengan serius. Prosesnya dilakukan dengan duduk-diam-mendengarkan, berfikir keras, menggunakan buku, tentang mata pelajaran, dan sejenisnya. Semakin sulit dan susah anak, berarti semakin tinggi kualitas proses belajarnya. Itulah pengertian tentang belajar yang sering didefinisikan orangtua, sadar atau tidak sadar, diucapkan atau tidak.
Share:

05 December 2011

Puzzle Allah

Griya Ihsani 1, 5 Desember 2011

Allah Maha Esa
Allah Maha Kuasa
Memberi kita telinga dan mata
Kaki dan tangan anggota sekalian
Akal dan pikiran pemberian Allah
Lagu ini hampir tiap hari kami nyanyikan, sembari mengingatkan betapa Allah Maha Penyayang dan betapa bersyukurnya kami atas segala karunia yang telah Allah limpahkan kepada kami. Alhamdulillah hari ini kami masih diberi kesempatan untuk belajar, belajar tentang segala hal dan belajar selalu mencintai Allah.
Share:

03 December 2011

Karakteristik Perkembangan Anak Usia 3 - 4 Tahun Berbasis Kecerdasan Jamak

Masa kanak-kanak khususnya usia 3-5 tahun, pada sebagian besar anak dirasakan seolah-olah sebagai masa yang terpanjang dalam rentang kehidupan. Mengapa demikian ? Karena bagi kebanyakan anak, masa kanak-kanaknya seringkali dianggap tidak ada akhirnya, mereka seringkali merasa tidak sabar menunggu saat yang didambakan yakni pengakuan dari orang di sekitarnya bahwa mereka bukan anak-anak lagi seperti bayi yang penuh dengan ketergantungan melainkan mereka ingin dianggap sebagai "orang dewasa cilik".
Share:

30 November 2011

Huruf "b" - Bunga, Biji

Griya Ihsani 1, 30 November 2011

Selama ini Aika susah sekali (nampaknya belum berminat) belajar membaca (belajar alfabet), yaaa... mungkin juga salah satunya faktor usia. Saat ini Aika masih 3 tahun, mungkin ini bukan usia yang tepat untuk belajar membaca. Memang belajar membaca itu berat dan bisa membuat anak stres. Tapi Bunda tidak memaksa Aika untuk belajar membaca, Bunda hanya memperkenalkan alfabet pada Aika. Bunda mencoba memperkenalkan alfabet dengan cara membuat craft, semoga Aika enjoy.
Share:

Rambutku

Griya Ihsani 1, 30 November 2011

"Rambutku" adalah kegiatan melukis rambut dengan jari. Kegiatan ini untuk belajar tentang "Identitasku" tentang bagian-bagian anggota tubuh.
Bahan yang digunakan untuk membuat cat yaitu pewarna makanan dicampur dengan tepung kanji dan air. Ketiga bahan tersebut dicampur dan diaduk rata.
Share:

29 November 2011

Puzzle 9 dan 12 Keping

Griya Ihsani 1, 29 November 2011

Puzzle adalah salah satu permainan anak yang yang cukup bermanfaat dan bersifat edukatif. Permainan ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam menyusunnya. Dengan terbiasa bermain puzzle, lambat laun mental anak juga akan terbiasa untuk bersikap tenang, tekun, dan sabar dalam menyelesaikan sesuatu. Kepuasan yang didapat saat ia menyelesaikan puzzle pun merupakan salah satu pembangkit motifasi untuk mencoba hal-hal yang baru baginya.
Share:

27 November 2011

4 Jenis Peran Ayah di Rumah

Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran yang kaku antara Ayah dan Ibu tidak memadai dan bukan zamannya lagi. Baik Ayah maupun Ibu, semuanya menjalani peran-multi di dalam keluarga.
Mengenai peran Ayah, ada 4 peran Ayah di dalam keluarga sebagaimana yang dinyatakan oleh Najeela Shihab. Peran itu adalah:
Share:

25 November 2011

Menghias Sepeda

Griya Ihsani 1, 25 November 2011

Ayah sudah libur lagi... Saatnya bermain bersama Ayah nech...
Tadi Aika dan Ayah nemu kertas krep di jalan. Nyampe rumah langsung ambil lem, tempel-tempel, terus minta karet ma Bunda. Ahaaa...ternyata Aika mau menghias sepedanya.
Tapiii... kok pakai karet juga ya... karetnya mau buat apa ya ??

Share:

24 November 2011

Membuat Pola

Griya Ihsani 1, 24 November 2011

Bricks adalah permainan baru Aika. Belum banyak yang bisa Aika mainkan dengan permainan ini. Sudah beberapa kali Aika memainkannya tapi mainnya cuma ditancap-tancap aja. Hari ini Bunda mencoba mengajari membuat pola kuning biru oranye hijau dan menancapkan mengikuti garis lurus.

Sedang berusaha supaya tancappannya lurus

Share:

23 November 2011

Rumahku

Griya Ihsani 1, 23 November 2011

Permainan balok memang sangat mengasyikkan. Permainan ini bisa meningkatkan daya kreatifitas anak. Susun... susun... susun... Susun yang tinggi... hati-hati ya... pelan-pelan ya... biar ga roboh. Dan... alhamdulillah inilah "Rumahku" sebagai tempat tinggalku udah selesai kubangun...
Share:

Siapakah Tuhanmu ?

Griya Ihsani 1, 23 November 2011

Kali ini Aika membuat alat bantu untuk menyanyi sebuah lagu tentang mengenal Tuhan sekaligus mengenal tulisannya.
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain beberapa kartu bertuliskan Allah, Nabi Muhammad, Islam dan Al Quran, sumpit serta selotip. Sumpitnya berguna sebagai pegangan pada saat nyanyi.
Share:

Merapikan Sendok dan Garpu

Griya Ihsani 1, 23 November 2011

Bantu Bunda beres-beres yuukkkkk... Bunda habis cuci piring buuanyak, sendok dan garpu juga banyak. Aika ingin bantu merapikan sendok dan garpunya. Ada sendok besar dan kecil, ada garpu besar dan kecil. Jadi ada 4 kelompok. Ayo dipilih-pilih dikelompokkan sesuai jenis dan ukurannya.... dan langsung dimasukkan ke tempat penyimpanan sendok dan garpu.
Share:

22 November 2011

Membuat Marakas

Griya Ihsani 1, 22 November 2011

Di rumah Aika punya banyak botol susu bekas. Biasanya cuma buat main masak-masak. Tapi kali ini Bunda punya ide lain, kayaknya klo botol susunya dibikin marakas dengan suara yang beda-beda bakal seru ney dan  lagi nanti marakasnya bisa buat mengiringi Aika klo lagi nyanyi dan mungkin nanti bisa dipakai juga untuk menstimulasi adek Aika klo udah lahir.

Bahan-bahan yang diperlukan sederhana aja yaitu botol susu bekas, karet, plastik, batu, kerikil, pasir, beras, kacang hijau dan jagung. Semua bahan sudah tersedia di taman belakang dan di dapur Bunda, jadi bisa hematttt.....
Share:

Aku Bisa Menjemur Pakaian Sendiri

Griya Ihsani 1, 22 November 2011

Saatnya bantu-bantu Bunda. Bunda menjemur lagi menjemur lagi.... Cucian Bunda banyak kayaknya perlu bantuan biar cepat selesai terus main sama Kakak Aika.

Hihi... Ternyata Kakak Aika tidak sebesar yang dia bayangin, tu buktinya... ambil baju dari mesin cuci aja masih pakai bangku. Tapi gak apa-apa, anak hebat  rajin bantu Bunda. Semoga selalu jadi anak hebat dan anak sholeh. Amin.
Share:

21 November 2011

Refleksi 6 tahun Pernikahan

Griya Ihsani 1, 21 November 2011

Bismillahirohmanirrokhim

Assalamu'alaikum warahmatullohi wabarokatuh

"Maha suci Allah yang telah menciptakan semua makhluk-Nya berpasang-pasangan, baik dari apa yang tumbuh di bumi dan dari mereka sendiri, maupun dari apa yang mereka tidak ketahui “ (QS. Yasin : 36)

Suamiku…
Maha Suci Allah SWT yang telah mempertemukan kita, menyatukan kita dalam cinta dan kasih sayang-Nya. Puji dan syukur tertinggi, kita telah melaksanakan salah satu sunnah Rasulullah, menyempurnakan separuh agama ini. Hari ini 6 tahun yang lalu, aku telah menjadi bagian dalam hidupmu, mengisi hari-harimu.
Share:

16 November 2011

Aku Bisa Pilih Baju Sendiri, Mandi Sendiri, Pakai Baju Sendiri dan Dandan Sendiri

Griya Ihsani 1, 16 November 2011

Alhamdulillah sudah 1 bulan ini tingkat kemandirian Aika lebih stabil. Aika sudah lebih sering mengerjakan sesuatu sendiri meskipun masih minta ditemani tapi Bunda cuma melihat aja."Ndiri aja ndiri Kakak Aika lebat (hebat)", teriak Aika saat Bunda atau Ayah bantuin ngerjain sesuatu. Hohohooo.. Kakak Aika hebat...iya donk....kan dah mau punya adek bayi, bentar lagi adeknya keluar, InsyaAllah :)
Share:

15 November 2011

Langsung dari Mulut Kuda

Charlotte Mason sangat mencintai alam. Rutinitas hariannya menunjukkan betapa alam menjadi prioritasnya. Ia menghabiskan hampir dua jam setiap sore di alam terbuka, tak peduli cuacanya seperti apa atau sesibuk apa pun dia. Waktu masih muda, biasanya ia berjalan-jalan. Tapi kesehatan Charlotte memang rentan; perempuan baik hati ini mengidap penyakit jantung. Maka akhirnya, ia harus menukar acara jalan-jalan yang sangat ia cintai dengan naik kereta kuda.

Share:

13 November 2011

Ciptaan Allah

Griya Ihsani 1, 13 November 2011

Allah Maha Esa, Allah Maha Kuasa, Allah Maha Pengasih, Allah Maha Penyayang memberi segala kebutuhan kita, memberi kita baju, rumah, makanan yang enak, memberi pemandangan yang indah, menurunkan hujan dll.

Kita harus mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan pada kita dengan cara sholat, puasa, bersedekah, sayang sama Ayah Bunda, berbuat baik kepada teman dll. Yuk kita liat apa aja sich ciptaan Allah itu...
Share:

12 November 2011

Belajar Naik Sepeda

Griya Ihsani 1, 12 November 2011

"Hore... Alhamdulillah aku punya sepeda baru, hadiah dari Kung", teriak Aika. Aika suka belajar naik sepeda di dapur dan ditabrakin ke pintu meja dapur... brakkk....Aduuuh bisa rusak ney dapur Bunda. Aika suka belajar naik sepeda sama Ayah. Klo ada Kung disini suka belajar naik sepeda sama Kung juga. Atau kalo Om Tommy lagi main ke rumah Aika, Aika suka belajar naik sepeda sama Om Tommy. Tapi ya gitu dech... selalu ditabrakin ke pintu meja dapur... brakkk...
Share:

11 November 2011

11 Karakteristik Pendidikan Charlotte Mason

Apa kekhasan pendidikan Charlotte Mason dibandingkan sistem pendidikan dan metode homeschooling lainnya? Ide-ide pendidikan apa saja yang ia tawarkan kepada kita? Dengan enam volume buku yang masing-masing tebalnya 300-an halaman dan berbagai artikel lepas yang ia tulis, mustahil meringkas semua pemikirannya ke dalam beberapa butir saja. Tetapi demi mendapatkan suatu tinjauan umum sebelum memutuskan apakah Anda menyukainya, saya ingin membantu Anda memahami konsep-konsep kunci dari metode Charlotte Mason.

Share:

Memperkenalkan Sang Guru

Dia memakai gaun hitam sederhana yang menjuntai hampir ke lantai, dengan rambut tersanggul ke atas, lazimnya guru-guru perempuan lain di Inggris era Victoria. Namun, beda dari banyak guru lain, ia tidak pernah membentak murid-muridnya dengan wajah keras dan berkerut-kerut. Beda dari banyak guru lain, ia tidak mengajar karena kesehatannya tidak memungkinkan untuk menekuni profesi lain yang lebih menguntungkan. Beda dari guru-guru lain, tangannya tak pernah sigap meraih tongkat rotan dan memukul anak sesuai buku panduan disiplin sekolah: anak laki-laki di pantat, anak perempuan di tangan atau kaki telanjang. Beda dari banyak guru lain, di kelasnya tidak pernah ada topi kurcaci kerucut dengan tulisan besar-besar DUNGU untuk dipakaikan kepada muridnya yang gagal mengeja dengan benar.

Share:

Orang Tua Cerdas Belajar dari Ibrahim AS

Sejarah mencatat betapa cinta ibunda Nabi Ibrahim, AS telah memberikan motovasi bagi Ibrahim kecil. Masa kecil di sebuah gua di tengah hutan mengantarkan Ibrahim menemukan Tuhan yang Maha Pencipta. Tiada satupun yang patut di sembah selain Allah SWT. Ibrahim pun berani menantang resiko berdakwah kepada ayah dan raja Namrud. Itulah cinta Ibu yang mencerdaskan. Begitu pula cinta Asiah istri Firaun yang mendampingi Nabi Musa, AS semasa kecil. Kasih sayangnya menembus batas kesenangan dunia sebagai istri raja. Asiah telah mengantarkan Musa menjadi pemimpin kaumnya dan berani menentang kedzaliman Firaun.

Pentingnya peran ayah dalam proses mencerdaskan anak dengan cinta. Mari belajar pada Ayah para Nabi, Ibrahim AS.Rangkaian ibadah haji dan pemotongan hewan qurban adalah gambaran betapa Ibrahim AS mendedikasikan dirinya sebagai ayah yang baik kepada anaknya Ismail AS. Tak serta merta menyuruh anak
Share:

Kereta Mengangkut Batu

Griya Ihsani 1, 11 November 2011

Naik kereta api tut tut
Siapa hendak turut....
Asiknyaaaa.... naek kereta bisa lihat pemandangan alam. Tapiii...kali ini lain, ini adalah kereta pengangkut batu jadi penumpangnya cuma batu dech... Kereta mengangkut batu dari pegunungan.

Coba liat tu Aika lagi berkreasi dengan tanah liat dan batu-batu. Oh Aika bikin gunung, tapi bikin gunungnya masih dibantu Bunda. Dibalik gunung ada banyak batu-batu.
Share:

10 November 2011

Kupu-kupu

Griya Ihsani 1, 10 November 2011

Siapa hayo... yang tidak suka kupu-kupu?? Banyak orang menyukai kupu-kupu tak terkecuali si kecil Aika. Tapi banyak juga yang takut atau bahkan jijik sama ulat. Padahal keduanya kan makhluk yang sama. Semua jenis kupu-kupu mengalami tahap-tahap hidup yang disebut metamorfosa yaitu mulai dari telur  menjadi ulat, ulat menjadi kepompong, dan akhirnya kepompong menjadi kupu-kupu yang cantik, Subhanallah...memang sungguh indah ciptaan Allah.
Share:

28 October 2011

Anak Bos IT Silicon Valley Tidak Menggunakan Komputer di Sekolah

Tulisan berikut saya ambil dari berita di The Jakarta Post hari ini yang berjudul “In Silicon Valley, a school where computers aren’t in the curriculum”. Berita itu dituis oleh Matt Richtel, dari Los Angeles, California dan dimuat di JP, Monday October 24, 2011 halaman 20. Menurut saya, tulisan ini menarik karena justru kita melihat fakta yang unik bahwa orang-orang yang tiap hari bergulat dengan IT tidak membiarkan anak-anak mereka menggunakan prangkat komputer dalam belajar di sekolah, sementara kita tahu, banyak orang berada yang seringkali tidak terlibat dalam industri teknologi informasi cenderung memasukkan anak-anak mereka di sekolah-sekolah yang mengakomodir penggunaan IT di sekolah.

Berikut adalah saduran dari berita yang saya maksud di atas…
Share:

16 July 2011

Benarkah Semakin Berat, Semakin Hebat ?

Sindo 14 Juli 2011 - Benarkah Semakin Berat, Semakin Hebat ?

Sebagian besar pembaca, mungkin dibesarkan dalam kultur ekonomi yang sulit sehingga kaya dengan berbagai peribahasa seperti: Hemat Pangkal Kaya dan Rajin Pangkal Pandai. Kita bermain layang-layang di antara pematang sawah yang tiada batasnya, menangkap belut di antara lumpur-lumpur sungai yang airnya bening, bermain bersama anak-anak kampung dengan tiada henti canda, tawa, dan keringat.

Share:

Sekolah Untuk Apa ?

Sindo 7 Juli 2011 - Sekolah Untuk Apa ?

Beberapa hari ini kita membaca berita betapa sulitnya anak-anak kita mencari sekolah. Masuk universitas pilihan, susahnya setengah mati. Kalaupun diterima, bak lolos dari lubang jarum. Sudah masuk, ternyata banyak yang "salah kamar". Sudah sering saya mengajak dialog mahasiswa yang bermasalah dalam perkuliahan yang begitu digali selalu mengatakan mereka masuk jurusan yang salah.
Share:

Sekolah Gratis

Griya Ihsani 1, 16 Juli 2011

Dr millis sebelah...

Sekolah Gratis di Balikpapan
Banyak orang yg tdk percaya bahwa sekolah gratis itu mungkin di negara kita. Mungkin karena mereka sudah kekenyangan dijanjikan kemudian dibohongi soal sekolah gratis ini.

Di Balikpapan sekolah sudah gratis mulai SD s/d SLTA. Sekolah publik (negeri) lho ya! Bahkan sekolah yg RSBI juga gratis...! Ngiri kan...?! :-D
Share:

Tahun ini, Subhanalloh

Bismillah...

Bumi Allah, July 2011

Tahun ini mempunyai :

5 hari Jumat, 5 hari Sabtu dan 5 hari Ahad
Hal ini hanya terjadi setiap 823 tahun.

Kalangan umum / awam menyebutnya sebagai "Kantong Uang".
Agak menarik kan ?
Baca terus...agar kamu bisa meresapi pelajaran  tentang kekuasaan Allah Robbul 'Alamin.
Share:

26 May 2011

UNDANGAN Seminar Parenting "Paradigma Pendidikan"

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum

Dengan ini, Forum Anak Sholeh mengundang Ayah Bunda untuk hadir pada :

Hari/Tanggal: Minggu, 29 Mei 2011
Tempat: Masjid Khubab bin Al Arot Griya Ihsani 1 Jl. Kecapi V Jagakarsa Jaksel
Acara1. Kids Market Day pukul 07.00 - 08.30

 2. Sharing parenting "Paradigma Pendidikan" pukul 09.00 - 12.00 oleh Ibu Yayah Komariah (Praktisi Pendidikan, Pendiri Berkemas Homeschooling)

Dimeriahkan dengan penampilan anak-anak Forum Anak Sholeh.
Kebahagiaan bagi kami jika Ayah Bunda dapat hadir di acara ini. Jazakumullah.

Wassalamu’alaikum

Forum Anak Sholeh

Pendataran silakan menghubungi : Forum Anak Sholeh atau Bunda Yuni
Share:

25 May 2011

Papa...

Griya Ihsani 1, 25 Mei 2011

Biasanya anak-anak yg jauh dari orang tuanya merasa kangeen sekali dgn mamanya.

Lalu bagimana dgn papa?

Mungkin mama lebih sering menanyakan keadaan anaknya setiap hari .tp
taukah kamu jika papamu yg mengingatkannya utk menelfonmu?

Mgkn mama yg lebih sering mengajakmu bercerita,tp taukah kamu
sepulangnya ia bekerja dgn wajah lelah ia selalu menanyakan kabarmu
dari mama mu?

waktu kecil...
Share:

24 May 2011

Pusat Primata Schmutzer TMR Ragunan

Griya Ihsani 1, 24 Mei 2011

Kemaren Rabu, 11 Mei 2011 Aika dan teman-teman Forum Anak Sholeh didampingi Bundanya masing-masing fieldtrip ke Taman Margasatwa Ragunan dengan tujuan utama Pusat Primata Schmutzer. Pusat Primata Schmutzer adalah pusat pelestarian primata di dalam Taman Margasatwa Ragunan.

Tapiiii... apapun tujuan ke kebun binatang, tempat paling menarik buat anak-anak tetep aja kandang gajah.
Share:

23 May 2011

Teknik Hafalan Maryam

Mau sedikit sharing tentang tekhnik belajar hafalan Maryam bersaudara, semoga berkenan membacanya....................

Kami bersyukur kepada Alloh atas karunia mendapatkan seorang guru tahfizh yang hafizhoh yaitu ustadzah Rubeya Litiloly, kemudian kami berterimakasih kepada ustadzah Rubeya atas curahan waktu dan tenaganya untuk membimbing hafalan putri-putri kami.

Sejak kelas satu hingga saat ini pengajar hafalan Maryam di sekolah adalah ustdzah Rubeya, sedangkan Fatimah waktu kelas satu pengajar hafalannya adalah ustadzah Ummu Zuhair Dina. Naik kelas dua pengajar hafalannya adalah ustadz Muhammad Nur Ichwan Muslim, setelah ustadz tersebut pindah Fatimah langsung diambil alih oleh ustadzah Rubeya hingga saat ini.
Share:

21 May 2011

Memetik Pisang Lampung

Griya Ihsani 1, 21 Mei 2011


Alhamdulillah pohon pisang lampung yang kami tanam di halaman samping rumah kami sudah berbuah dan minggu lalu 8 Mei 2011 kami petik. Buahnya banyak dan besar-besar. Ada beberapa buah yang sudah matang saat kami petik dan langsung saja kami santap hhmmmmm... enak. Buah pisang yang masih hijau kami simpan dulu sampai matang.
Share:

20 May 2011

Sandwich Adventure

Griya Ihsani 1, 20 Mei 2011


Pagi ini cerah sekali. Aika dan teman-teman Forum Anak Sholeh bisa bermain dan belajar dengan riang. Pagi ini anak-anak akan berpetualang "Sandwich Adventure". Ada beberapa permainan selama perjalanan petualangan dan ada beberapa pos dimana anak-anak harus melakukan sesuatu dan akan mendapatkan sesuatu.

Happy Adventure anak-anak...

Share:

19 May 2011

Kebun Bunga

Griya Ihsani 1, 19 Mei 2011


Sudah lama Aika ingin membuat miniatur Kebun Bunga tapi baru hari ini Bunda bisa menyiapkannya. Bunda menyiapkan bunga warna-warni yang terbuat dari kertas origami yang dilapisi karton bekas. Tangkai bunganya memakai tusuk sate warni-warni. Dan media tanamnya menggunakan stereofoam bekas.

Tapi sayang Bunda tidak sempat menyiapkan daun-daunnya, jadi hari ini bunganya belum punya daun dech... Ya... insyaAllah besok-besok bunda siapkan daunnya ya nduk... Nanti daunnya dipasang menyusul ya nduk, insyaAllah.

Share:

27 April 2011

Wajah di Rotiku

Griya Ihsani 1, 27 April 2011

Fun cooking ini adalah menghias roti tawar dengan pasta coklat. Roti tawar dihias berupa wajah diatasnya. Melalui kegiatan ini Aika bisa belajar mengenal rasa manis dan asin (gurih), dapat meningkatkan life skill, melatih motorik halus dan mengembangkan imajinasinya dalam menciptakan wajah di rotinya.

Bahan-bahan yang digunakan antara lain roti tawar dan coklat pasta.
Share:

24 April 2011

Donat Donattt...

Griya Ihsani 1, 24 April 2011

Beberapa hari ini Aika lagi doyan makanan yang bolong tengahnya alias donat. Hampir tiap hari beli donat donat donattt... Donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard. Kenapa anak-anak suka donat. Mungkin karena donat ini bisa dibentuk aneka macam terus topingnya bisa macem-macem juga.
Share:

23 April 2011

Menanam Scindapsus

Griya Ihsani 1, 23 April 2011

Kemaren hari Kamis Aika dan Bunda merapikan taman depan. Tanamannya banyak yang terbakar karena beberapa hari ini panas banget sampe bunga-bunga kering dan terbakar. Lalu Aika dan Bunda mencabuti tanaman yang kering, salah satunya Scindapsus. Meskipun sebagian besar daunnya terbakar tapi batangnya masih segar dan bisa ditanam lagi. Akhirnya tanaman Scindapsus yang udah dicabut Bunda simpan dan hari ini akan kami tanam lagi.
Share:

22 April 2011

Earth Day 2011

22 April adalah Hari Bumi (Earth Day). Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan.

Gagasan Hari Bumi dimulai sejak Nelson berpidato di Seattle tahun 1969, tentang desakan untuk memasukkan isu-isu kontroversial tentang lingkungan hidup, dalam kurikulum resmi perguruan tinggi mengikuti model teach in tentang anti perang. Gagasan Nelson mendapat dukungan luar biasa rakyat sipil.
Share:

Bunda ku

Griya Ihsani 1, 22 April 2011

Menurut Om Wikipedia Kamera adalah alat yang digunakan untuk mengambil foto sebagai gambar foto yang diam atau satu susunan gambar bergerak ( film atau video ). Sedangkan menurut Aika kamera adalah Nda poto Nda... gubrakkkk... anak narsis. Lho kok bisa Aika membuat definisi seperti itu ??? Ya iya lah lha wong setiap pegang hp  berkamera Aika selalu bilang "Nda poto Nda". Kalau Aika ditanya, "Ini apa?. Jawabnya, "Hp, Nda poto Nda." So far tidak ada masalah sey, tapi sekarang Bunda mencoba mengalihkan keinginannya untuk tidak dipotret, sekarang Bunda mengarahkan Aika untuk memotret meskipun Bunda akan menjadi objek fotografinya. Alhasil tidak hanya kemampuan memotretnya yang meningkat tapi Aika sudah mulai mampu menjadi pengarah gaya juga.
Share:

21 April 2011

Belajar Jiwa Menolong dari Bang Bejo

Assalamu’alaikum wr.wb

Shahabat yang baik, semoga keselamatan, kebahagiaan, cinta dan kasih sayang selalu bersama Anda. Mudah-mudahan cinta yang ada pada kita, terus-menerus dapat kita tingkatkan kualitasnya. Cinta dan kasih sayang kepada Allah berupa perhatian dan kepeduliaan yang kita berikan sesama manusia.

Menghadiri Walimahan
Barusan saya bersama istri menghadiri undangan pernikahan Mas Eko, tetangga sebelah rumah. Di Betawi sudah menjadi lumrah, pesta pernikahan dimulai dari pagi hari sampai jam 22.00 malam. Seperti 4 Desember 2010 yang lalu saya mengalaminya. Dengan menunaikan kewajiban undangan menghadiri walimahan, selain
datang dengan rasa gembira sebagai doa bagi penganten, juga bisa menjadi tempat untuk silaturahim kesesama.
Share:

Sudah Berapa Lama Saya Hidup?

Assalamu’alaikum wr.wb
Shahabat saya yang baik. Izinkan saya memulai dengan mengutip ungkapan rasullah tentang kehidupan kemarin, hari ini dan esok. Berhubungan erat dengan kondisi dan karakter seseorang, Anda dan saya.

Bila hari ini lebih baik dari kemarin maka orang itu dinamakan orang beruntung. Bila hari ini sama dengan hari kemarin, maka orang itu disebut orangrugi. Bila hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka orang itu termasuk
orangcelaka.

Apakah benar usia Anda seperti saat ini?
Share:

13 April 2011

Keep Smile !!

Griya Ihsani 1, 13 April 2011

Kemaren Aika dan Bunda jalan-jalan ke Gramedia. Disana Aika membeli pensil yang ada penghapusnya "smile". Dari situlah Bunda terinspirasi untuk menyiapkan "Kepp Smile !!" untuk karya Aika selanjutnya.

Kata senyum adalah kata yang indah dan menarik hati, menyenangkan, dan menggembirakan. Senyum itu ibadah. Senyum adalah perilaku sederhana yang memberi dampak luar biasa. Tak seorang pun di dunia ini yang tak mampu tersenyum.
Share:

12 April 2011

Si Ociel

Griya Ihsani 1, 12 April 2011

Kemaren sore Bunda dan Aika mulai berburu bahan-bahan untuk membuat craft di Pejaten Village. Satu set bahan untuk membuat boneka kecil ini adalah salah satu hasil perburuan kami di Pejaten Village. Ini pertama kalinya Aika membuat craft dari bahan foamtastic. Semoga dengan berkreasi dengan berbagai jenis bahan / media bisa menciptakan pengalaman-pengalaman kreatif ya nduk... Amin
Share:

09 April 2011

Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences)

Terdapat berbagai model pembelajaran yang dapat dipilih sehingga sesuai dengan cara dan gaya belajar anak. Hal ini merupakan kekuatan agar anak dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan yang lebih penting adalah rasa senang dan nyaman dalam belajar dan anak dapat berkembang secara optimal sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya yang berbeda-beda itu.

Untuk lebih memahami tentang Kecerdasan Jamak yang dapat dikembangkan pada diri setiap anak maka berikut ini diuraikan beber apa hal yang berkaitan dengan sembilan kecerdasan jamak tersebut.
Share:

07 April 2011

Kelinci ku Yang Lucu

Griya Ihsani 1, 7 April 2011

Melompat-lompat jalan kelinciku,
Telinganya bergerak selalu,
Kukeja-kejar sampai aku lelah, 

Tak tertangkap hap karena cepat...
Lagu ini mengawali kegiatan Aika dalam pembuatan craft "Kelinci ku Yang Lucu" hari ini. Kegiatan bernyanyi ini selain membuat hati riang bisa juga untuk meningkatkan kecerdasan musikal anak.
Share:

30 March 2011

Membuat Tas

Griya Ihsani 1, 30 Maret 2011

Si kecil Aika kemaren sore melihat Kak Kay pakai tas lucu terbuat dari kardus susu dan dihiasi dengan koran yang digunting-gunting membentuk rumbai. Hari ini si kecil Aika mencoba membuat tas lucu seperti punya Kak Kay. Cuma sayang fotonya kurang bagus. Tadi Bunda motretnya pake kamera hp dan hari juga sudah sore, maaff  ya nduk... maff ya teman-teman...
Share:

29 March 2011

Membuat Bunga Matahari

Griya Ihsani 1, 29 Maret 2011

Terinspirasi dari sebuah iklan susu anak di stasiun tv swasta, lalu muncullah ide untuk membuat bunga matahari yang pewarnaannya menggunakan teknik tetesan. Caranya cukup simpel, setelah membuat bunga matahari, teteskan cat pada mahkota bunga matahari, diamkan sejenak, cat akan menyebar dengan sendiri.
Share:

27 March 2011

The Kids Market Day Ke-4

Griya Ihsani, 27 Maret 2011

Maafff ya teman-teman kami tidak bisa menghadiri Kids Market Day ke-3 bulan lalu karena ada undangan pernikahan keluarga kami di Pasar Rumput Manggarai. Dan hari ini adalah Kids Market Day ke-4. Hari ini Kids Market Day nya ramai sekali bahkan ada beberapa ibu-ibu yang ikut jualan... lho ????? Katanya Kids Market Day tapi kok ada ibu-ibu yang ikut jualan ????? Kenapa bisa begitu Umi Eha (Ibu Ketum)??

Eitsss... Aika belanja-belanja terus kapan jualannya nduk ??
Share:

24 March 2011

Membuat Bingkai Foto

Griya Ihsani 1, 24 Maret 2011

Bagi Aika hari-hari terasa kurang menyenangkan tanpa membuat sesuatu like "craft". Membuat craft adalah salah satu kegiatan paling menyenangkan buat Aika. Tapi bagi Bunda... kadang terasa teramat capek dan kehabisan ide hari ini mo bikin apalagi ya... besok bikin apalagi ya... tapiii... tenang masih ada Om Google dan Bu Aan yang bisa dimintai sumbangsih ide-ide cemerlang, kreatif dan mendidik.
Share:

13 March 2011

Menyiram Tanaman

Griya Ihsani 1, 13 Maret 2011

Masuk angin dan basah kuyup merupakan resiko bermain air. Tapi anak-anak itu tak ada bosannya dan kapoknya bermain air. Secara alamiah anak-anak sangat senang bermain air dan kebanyakan anak sangat menikmati bermain dengan air. Sejak sebelum mereka terlahir ke dunia ini mereka sudah terbiasa dengan air yaitu air ketuban dalam rahim ibunya.
Share:

10 March 2011

Counting [2]

Griya Ihsani 1, 10 Maret 2011

Setelah beberapa hari belajar berhitung di dunia virtual, hari ini Aika akan berhitung melalui worksheet, tapi worksheetnya diambil juga dari dunia virtual. Berhitungnya khusyuk banget seh nduk sampek nungging-nungging dan ndlosor gitu.
Share:

Izinkan Aku Istirahat Sejenak

Assalamu’alaikum wr.wb
Shahabat saya yang baik. Semoga tiap nafas yang terus masuk dan keluar, semakin 
menambah rasa syukur kita kepada Allah swt. Mudah-mudahan pertemuan kita lewat 
tulisan ini, menambah keeratan nan merekat ukhuwah kita.

Sebentar lagi, saya akan sharing kisah imajinatif fikiran kreatif saya. Jadi, 
sebelumnya saya menyampaikan, ini bukanlah kisah sebenarnya. Hanya coretan 
seperti masa di Sekolah Dasar dulu, Saat guru Bahasa Indonesia meminta saya 
untuk mengarang bebas. Tapi, jikapun itu seakan nyata, tiada maksud untuk 
menyindir atau menjustifikasi siapapun. Harapan saya, kisah imanjinatif ini 
menjadi pembelajaran bagi saya, semoga juga untuk Anda.
Share:

08 March 2011

Memotret Adek Panda

Griya Ihsani 1, 8 Maret 2011

Setelah memotret puzzle, kali ini Aika memotret guling panda kesayangannya yang menemaninya sejak bayi. Guling mungil yang biasa Aika panggil "Adekkkk...." ini akan menjadi modelnya yang kedua. "Adekkkk.... dua tiga klik" haha... lucunya anak ini. Entah kenapa Aika tidak pernah mau mulai berhitung dari "satu", Aika selalu mulai berhitung dari "dua". Btw kapan ya Bunda dijadikan modelnya Aika ???
Share:

Memotret Puzzle

Griya Ihsani 1, 8 Maret 2011

Dengan kamera hp Aika asik jeprat-jeprat beberapa puzzle evamats nya. Meskipun sudah Bunda jelaskan beberapa kali tapi masih saja hasilnya kurang fokus, ada yang menghadap ke atas, ke kanan, ke kiri, ada yang terlalu ke kiri, ke kanan, ke atas, ke bawah bahkan kadang hasil bidikannya ngeblur karena setelah klik Aika nya langsung loncat kegirangan ato langsung lari ato apalah segala bentuk ekspresi kegirangannya karena berhasil memotret. Trus berlatih ya nduk supaya bisa jadi photographer yg handal....
Share:

Mengenal Bentuk Persegipanjang, Bujursangkar, Segitiga, Lingkaran

Griya Ihsani 1, 8 Maret 2011

Masih dengan mengandalkan worksheets gratis dari internet, Bunda ngeprint beberapa lembar worksheet gratis tentang pengenalan bentuk dasar geometri persegipanjang, bujursangkar, segitiga serta lingkaran. Nampaknya Aika suka sekali memainkannya dan nampak semangat sekali belajarnya. Sangat menyenangkan melihat Aika semangat belajar dan bisa belajar dengan menyenangkan setiap saat.
Share:

Counting [1]

Griya Ihsani 1, 8 Maret 2011

Sejak hari Jumat, 4 Maret 2011 si kecil Aika asik belajar counting --satu dua tiga empat..... klik-- di dunia virtual Head of The Class. Semangat belajar Aika cukup tinggi, hari ini meskipun badannya demam agak tinggi (kayaknya gigi gerahamnya mo tumbuh lagi) Aika masih minta belajar counting  di i Head of The Class.
Share:

04 March 2011

Mengenal Angka dan Nama-nama Hari

Griya Ihsani 1, 4 Maret 2011

Sambil bernyanyi : senin selasa rabu kamis jumat sabtu minggu itu nama-nama hari...
Mengajarkan nama-nama hari dalam semingggu sambil berhitung. Menghitung bahwa dalam 1 minggu ada 7 hari dengan nama-nama yang berbeda. Dari perbedaan nama-nama hari ini, Aika bisa belajar tentang perubahan waktu dan perubahan hari. Meskipun masih jauh dari pemahaman, tapi Aika bisa mendapat pemahaman tentang hari dari kegiatan Aika sehari-hari.
Share:

13 February 2011

Memancing

Griya Ihsani 1, 13 Feb 2011

Setelah nonton acara Om Dudit Mancing Mania si kecil Aika terinspirasi juga untuk mancing ikan sendiri. Berbekal 1 buah baskom, beberapa ikan mainan, tali 1 m dan stik mainan Aika waktu bayi dulu akhirnya jadilah sebuah kolam ikan dan pancing ikan. Begini nech gaya Om Dudit ala Aika.....
Share:

10 February 2011

Pasang Kancing Jaket

Griya Ihsani 1, 10 Feb 2011

Sore tadi sekitar jam 4.30 pm kami ---Bunda dan Aika--- mo jalan-jalan. Berhubung Aika baru sembuh demam batuk pilek so Aika pake jaket aja ya biar ga kena angin terlalu banyak.

Saat dipakaikan jaket, "Nda ndiriii... ndiriii.. ndirii..." teriakan Aika saat Bunda mengancingkan kancing jaketnya.

Aika ngotot, "Ndiriiii... Aika bisa...hebat..." sambil mengacungkan jempol. (red: Aika mo pasang sendiri, aika bisa, hebat)
Share:

Copyright © Never Stop Learning | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com