16 July 2011

Sekolah Gratis

Posted by Yuni "Dee" at Saturday, July 16, 2011
Griya Ihsani 1, 16 Juli 2011

Dr millis sebelah...

Sekolah Gratis di Balikpapan
Banyak orang yg tdk percaya bahwa sekolah gratis itu mungkin di negara kita. Mungkin karena mereka sudah kekenyangan dijanjikan kemudian dibohongi soal sekolah gratis ini.

Di Balikpapan sekolah sudah gratis mulai SD s/d SLTA. Sekolah publik (negeri) lho ya! Bahkan sekolah yg RSBI juga gratis...! Ngiri kan...?! :-D

Keponakan saya baru saja lulus dari SMP (swasta) dan mendaftar di SMAN 5 Balikpapan. Begitu diterima mamanya langsung mendatangi sekolah utk daftar ulang. Ini komentarnya.

"Wkt daftar ulang di SMAN 5 Bpp, aku nanya gurunya Iqbal : " byrnya berapa, Bu..?" Dia jwb : "gratis, Bu..".

Sbg alumni TK - SMP Istiqomah, aku sempat shock mendengarnya.

Blm percaya kalo sekolah anakku skrg gratis. :-D"

Ia heran bhw sekolah negeri ternyata gratis padahal sudah jadi warga Balikpapan sejak anaknya lahir. Ini karena anaknya selalu disekolahkan di sekolah swasta top di Balikpapan. Dan biaya sekolah di sekolah swasta tsb memang tinggi.

Jadi samasekali tidak ada biaya daftar ulang segala di sekolah negeri. Tidak uang SPP, tidak uang bangku, tidak uang pendaftaran ulang. Tak ada biaya samasekali...!

Bahkan seorang famili yg bekerja sbg pengawas di Dinas Pendidikan kota Balikpapan mewanti-wanti kami utk melaporkan langsung kepadanya kalau-kalau ada sekolah negeri yg menarik biaya APAPUN...! Keren kan...!

Tapi bukankah sekolah RSBI mengenakan biaya setinggi pohon kelapa di mana-mana? Oh...tidak di Balikpapan. Di Balikpapan gratis samasekali.

Kok bisa...?! Faktanya bisa kok!

Kan pemerintah pusat, propinsi, dan pemkot sudah memberi biaya khusus utk sekolah tersebut...! Jadi kenapa harus memungut biaya dari orang tua lagi? Tidak perlu.

Balikpapan memang sudah menetapkan Wajib Belajar 12 Tahun bagi warganya. Jadi itu artinya biaya sekolah (di sekolah publik) sepenuhnya menjadi kewajiban pemerintah kota Balikpapan.

Kenapa Balikpapan sehebat ini? Karena pejabatnya benar-benar berkomitmen pd pendidikan. Bahkan ketua DPRD-nya yg bernama Andi Burhanuddin Solong pernah marah besar pada Dinas Pendidikan karena Dinas mau menerapkan aturan pungutan di sekolah RSBI. Pemkot Balikpapan diminta utk konsisten pd perda ttg Wajib Belajar 12 tahun tsb.

Ketika Dinas Pendidikan berkilah bhw aturan yg membolehkan pungutan tsb adalah aturan dari Pusat, Pak ABS tidak perduli dan bilang agar Pusat suruh datang sendiri ke padanya. Tentu saja niat itu langsung kempes.

Dengan demikian maka sekolah RSBI-pun gratis di Balikpapan. Two thumbs up for Balikpapan!

Saya memang sengaja menulis ini utk mengiming-imingi Anda yg tinggal di luar Balikpapan. Sekolah negeri kami gratis dan mestinya sekolah negeri di kota Anda juga bisa.

Kalau Anda dibodohi oleh para pemangku kepentingan pendidikan di kota Anda dg mengatakan bhw sekolah tidak mungkin gratis ya suruh datang dan belajar ke Balikpapan. Kami dulu juga belajar ke Jembrana dan sekarang kami sudah bisa membuktikan bhw kami juga bisa.

Apakah mutu pendidikan kota Balikpapan merosot krn gratis...?! Itu pemikiran geblek. Kalau pendidikan tidak dibiayai maka mutunya akan merosot. Itu jelas. Tapi di Balikpapan pendidikan dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah daerahnya. Jadi tidak ada alasan mutu akan merosot.

Balikpapan memang OK! Bagaimana dg kota Anda...?! :-D

Balikpapan, 7 Juli 2011

Salam

Satria Dharma

http://satriadharma.com/

0 comments:

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.

 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop