21 April 2011

Sudah Berapa Lama Saya Hidup?

Posted by Yuni "Dee" at Thursday, April 21, 2011
Assalamu’alaikum wr.wb
Shahabat saya yang baik. Izinkan saya memulai dengan mengutip ungkapan rasullah tentang kehidupan kemarin, hari ini dan esok. Berhubungan erat dengan kondisi dan karakter seseorang, Anda dan saya.

Bila hari ini lebih baik dari kemarin maka orang itu dinamakan orang beruntung. Bila hari ini sama dengan hari kemarin, maka orang itu disebut orangrugi. Bila hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka orang itu termasuk
orangcelaka.

Apakah benar usia Anda seperti saat ini?

Ngomong-ngomong, mari saya ajak Anda sejenak untuk berfikir kembali, berapakah usia Anda sekarang? Bila saya melihat pada kalender masehi, maka tepat pada tanggal 22 Mei 2011 ini, usia saya genap 26 tahun. Bagaimana dengan Anda? Tetapi, ada pertanyaan menarik mengusik dalam sini. Apakah benar usia saya
sekarang 25 dan akan menggenapi 26? Begitupula dengan umur Anda saat ini. Apakah benar itu umur Anda?

Asumsi 10.000 jam
Sementara itu, kita terbang berkunjung ke bukuoutlier. Karangan Malcom Maxwell. Dalam buku yang best seller tidak hanya di negaranya Amerika, tapi juga di Negara tercinta ini. Disampaikan tentang efek 10.000 jam. Adalah menjelaskan tentang aktivitas pada bidang tertentu, bila dilakukan terus menerus secara rutin dan berkembang terus hingga mencapai angka 10.000 jam. Maka berdasarkan amatan dia, rata-rata orang itu menjadi ahli pada bidang tersebut.

Bill gate dan The Beatles
Diantara contoh yang disebutkan adalah Bill gate dan The Beatles. 10.000 jam Bill gate adalah kesempatan yang dia dapatkan dari sebuah perushaan yang menginzinkan diri nya untuk menggunakan computer di perusahaan tersebut, dan dia terus berlatih hingga 10.000 jam. Kemudian The Beatles. Group musik yang
memperoleh khans untuk bernyanyi selama hamper 4 tahun (1960-1964), di sebuah cafĂ© di Jerman. Mereka tampil selama 7 jam sehari, dan 7 hari selama 1 minggu.

Hanya mengulangi tahun yang sama
Kembali dengan usia kita, Apakah benar usia Anda dan saya seperti sekarang? Seorang Trainer pernah bertanya kepada audience. ”Apakah jam terbang Anda sebagai trainer sudah 7 tahun, atau satu tahun di ulang selama 7 kali?” begitupula pertanyaan usia Anda dan saya sekarang? Apakah usia saya 25 tahun
atau saya mengulangi 8 tahun setelah saya berusia 17 tahun?

Hari ini saya menjadi ragu dengan usia saya sesungguhnya. Mungkin dan bisa jadi saya mengulangi dengan tahun-tahun yang sama. Setiap akhir tahun merancang hidup baru dengan goal setting baru. Padahal kenyataan goal setting tersebut, tidak lebih seperti tahun-tahun sebelumnya.

Mari mengukur usia. Bila mengukur tahun mungkin lumayan besar interval pengukurannya. Bagaimana
kalau kita menghitung hari saja dalam satu minggu. Karena hari dalam minggu belum pernah berubah. Diawali dengan hari minggu, berakhir dengan sabtu. Terserah Anda mau mengawali dari mana, yang jelas dan benar, bahwa satu minggu adalah 7 hari.

Mari kita sadari. Apakah aktivitas kita di hari minggu, sama atau berbeda dengan hari senin? Apakah hari selasa sama dengan atau berbeda dengan rabu? Apakah rabu berbeda dengan atau sama dengan kamis. Dan apakah hari kamis sama dengan atau berbeda dengan jumaat. Hingga bertemu dengan minggu kembali.

Hakikatnya masih di tahun yang sama.
Tahun-tahun yang sudah kita isi, sangat mudah di fahami berdasarkan hari-hari yang gunakan, manfaatkan, dan kita isi selama satu minggu itu. Apabila sama, maka demikianlah tahun-tahun yang sudah berjalan. Secara kalender dan waktu yang telah berputar, benar kita sudah melewati seperti usia kita saat ini. Tetapi, hakikatnya kita masih di tahun yang kita ulang-ulang setiap tahunnya.

Berapa tahun pengalaman kerja Anda?
Guru saya pernah bercerita. Pengalaman seseorang bekerja dapat diukur berdasarkan aktivitas yang dia alami di tempat kerjanya. Suatu ketika beliau berkesempatan menginterview seorang pelamar kerja, yang dalam daftar riwayat hidupnya sudah bekerja selama 8 tahun. Kemudian guru saya bertanya ”Selama 8 tahun, berapa tahunkah yang Anda alami sangat-sangat senang, bahagia dan benar-benar menikmati bekerja?” sang pelamar menjawab ”3 tahun pak, sebelum saya menjadi manager di perushaan saya dulu.” Kemudian guru saya melanjutkan ”Selebihnya?” ”saya mengisi dengan penuh tekanan target, atasan marah, pelanggan
komplain.”

Jawaban sang pelamar tadi, mengartikan bahwa ia hanya bekerja dan berpengalaman selama 3 tahun. Selebihnya hanya jasad saja yang mengikuti rutinitas layaknya robot hidup.

Apakah Anda dan saya orang beruntung?
Kembali dengan ”Sudah berapa lama saya hidup?”. Sungguh ternyata, lamanya kita menjalani kehidupan ini sangat ditentukan, bagaimana kita mengisi dan menggunakannya. Sehingga bila merujuk kepada hadist diatas, kehidupan orang-orang beruntung adalah kehidupan mereka yang telah mengisi hidupnya dengan hal baru, yang bermanfaat bagi diri nya. Mereka terus menjalani hari ini selalu lebih baik dari hari yang telah meniggalkan nya.

Adakah diantara shahabat, yang benar-benar telah mengisi dan menjalani usia ini, sesuai dengan umur kehidupan dunia ini?

Ciganjur 1 April 2011

Rahmadsyah Mind-Therapist
sekolahrumah@yahoogroups.com

0 comments:

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.

 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop