24 April 2011

Donat Donattt...

Posted by Yuni "Dee" at Sunday, April 24, 2011
Griya Ihsani 1, 24 April 2011

Beberapa hari ini Aika lagi doyan makanan yang bolong tengahnya alias donat. Hampir tiap hari beli donat donat donattt... Donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard. Kenapa anak-anak suka donat. Mungkin karena donat ini bisa dibentuk aneka macam terus topingnya bisa macem-macem juga.


Alhamdulillah akhirnya hari ini bisa bikin donat bersama --Ayah Bunda Aika-- tim masak-masak yang sangat solid. Bunda Sang Super Chef bertugas menyiapkan bahan dan mengarahkan proses pembuatan donat. Ayah Sang Chef bertugas mengeksekusi bahan-bahan yang sudah tersedia, dibantu oleh Aika Sang Asisten Chef yang super duper sibuk berantakin segala-gala.

Pembuatan donat diawali dengan bersepeda bersama Aika. Lho kok ?? Hehe...mau bikin donat tapi gak punya telor ma fernipam, jadilah pagi-pagi --sekalian olahraga-- muter-muter cari fernipam dan telor. Nyampe rumah teler dan laper, yaaa... kita bikin martabak dulu buat sarapan. Setelah sarapan langsung terdengar teriakan "donat donat donattt...". Wah udah nagih lagi nich anak kecil. Yok yok yokkk... kita bikin donat...

Bahan-bahan yang diperlukan disiapin dulu ma Bunda Sang Super Chef.

Bahan-bahannya antara lain :

300 gram tepung terigu protein tinggi
200 gram tepung terigu protein rendah
125 gram margarin
125 gram gula pasir baiknya sey pake gula halus
1/2 sendok teh garam
6 gram fernipam
1/2 sendok teh baking powder
2 butir telor yang 1 butir diambil kuningnya aja
150 ml air boleh juga pake fresh milk (lebih lezat )
minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat donat:

Baking powder, fernipam dan garam dicampur rata.

Telur dan gula pasir dikocok sampai mengembang. Nah... klo yang ini dibantu Ayah Sang Chef karena Aika Sang Asisten Chef belum bisa pakai mixer.

Ayah mengocok gula dan telur

Tepung dimasukkan, sambil diaduk terus hingga rata. Ya masukin tepungnya dikit-dikit dan pelan-pelan ya, pakai sendok...

Tepung terigu protein tinggi dimasukkan     

Tepung terigu protein rendah juga dimasukkan     

Terus campuran baking powder,  fernipam dan garam dimasukkan. Aika,"Nda pake sendok ?. Bunda,"Ya pake sendok".
Campuran baking powder,  fernipam dan garam dimasukkan

Aika,"Terus ?. Bunda,"Terus masukkan margarinnya".

Tambahkan margarin

Aika, " Terus ?. Bunda,"Terus tuang airnya, pelan-pelan". Sambil diaduk terus hingga menjadi adonan yang kalis.
Tuang air pelan-pelan

Bunda, "Udah ?. Aika,"Dah". Bunda, "Bawa sini nduk, ditutup pake lap basah dan didiamkan selama 30 menit".
Ditutup dengan lap basah

Aika,"Main main main... depan...". Bunda," Aika mau main ?. Aika,"Yaaa...". Bunda, "Ya main dulu ma Ayah ya, mainnya 20 menit ya, habis main donatnya dicetak". Aika,"Ya".
Sementara Aika dan Ayah main, Bunda masak dulu dan nyiapin nyetak donat.

Sekembalinya Aika Sang Asisten Chef dan Ayah Sang Chef lalu melanjutkan proses pembuatan donat. Kali ini nyetaknya ma Bunda Sang Super Chef. Adonannya dibuka, dikempiskan dan pipihkan lalu cetak.

Adonan dibuka dan dikempiskan

Lalu dipipihkan

Terus dicetak

Donat yang dicetak ada yang besar (bagian luar) dan ada yang kecil (bagian dalam/tengah). Donat yang besar dan kecil dipisahkan, yang besar ditaruh di piring persegipanjang dan yang kecil ditaruh di piring yang berbentuk lingkaran. Donat yang kecilnya kita bikin donat sate, ditusuk-tusuk pake tusuk sate. Sambil masak sambil belajar ukuran dan kategori ya nduk :)

Donat besar dan kecil dipisah

Lalu Ayah menggoreng donat yang sudah dicetak, goreng sampai matang dan keclokatan ya Yah. Angkat. Tiriskan.

Setelah dingin donat siap dihias. Olesi donat dengan margarin lalu taburi dengan butiran gula icing warna warni dan meses coklat. Eits Aika gak mau ngolesin donatnya pake margarin. Jadi Bunda dech yang ngolesin margarin dan Aika yang naburin gula icing dan meses coklat.


Menghias dengan gula icing

Menghias dengan meses coklat
Tralala... donatnya sudah siap dinikmati. Selamat menikmati...

Hhhmmm enakkk....

Icip-icip

Icip-icip lagi... donat sate
Alhamdulillah...

Never stop learning nduk...

1 comments:

Tante Cantik on May 9, 2011 at 4:00 PM said...

Hhmmm enak... bagi donk dek...

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.

 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop