22 November 2011

Membuat Marakas

Posted by Yuni "Dee" at Tuesday, November 22, 2011
Griya Ihsani 1, 22 November 2011

Di rumah Aika punya banyak botol susu bekas. Biasanya cuma buat main masak-masak. Tapi kali ini Bunda punya ide lain, kayaknya klo botol susunya dibikin marakas dengan suara yang beda-beda bakal seru ney dan  lagi nanti marakasnya bisa buat mengiringi Aika klo lagi nyanyi dan mungkin nanti bisa dipakai juga untuk menstimulasi adek Aika klo udah lahir.

Bahan-bahan yang diperlukan sederhana aja yaitu botol susu bekas, karet, plastik, batu, kerikil, pasir, beras, kacang hijau dan jagung. Semua bahan sudah tersedia di taman belakang dan di dapur Bunda, jadi bisa hematttt.....


Bahan-bahan yang digunakan
Pertama Aika bikin marakas batu, batu dimasukkan ke dalam botol bekas. Sambil memasukkan sambil belajar berhitung juga. Setelah dimasukkan semua, botol ditutup plastik dan diikat karet. Nah klo yang bagian tutup plastik dan ngikat karet ini bagian Bunda, karena sampai hari ini Aika belum menguasai tali temali.

Membuat marakas batu

Kedua membuat marakas kerikil. Pada saat memasukan kerikil juga sambil belajar berhitung.

Membuat marakas kerikil

Yang ketiga membuat marakas pasir. Kali ini tidak hanya belajar berhitung tapi juga belajar menuangkan pasir ke dalam botol dan belajar takaran.
Membuat marakas pasir

Keempat membuat marakas beras. Seperti membuat marakas pasir, membuat marakas beras tidak hanya belajar berhitung tapi belajar takaran dan belajar menuangkan beras ke dalam botol.

Membuat marakas beras

Kelima membuat marakas kacang hijau, kali ini sambil berhitung juga.

Membuat marakas kacang hijau
Terakhir  membuat marakas jagung, yang terakhir ini sambil berhitung juga.

Membuat marakas jagung
Finally mainkan marakasnya, senangnya... ternyata benar suara yang dihasilkan berbeda-beda... Sebetulnya ada video saat memainkan marakasnya tapi sayang karena ada masalah teknis belum bisa upload videonya. InsyaAllah next time akan coba diupload lagi.

Never stop learning nduk...

0 comments:

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.

 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop