10 November 2011

Kupu-kupu

Posted by Yuni "Dee" at Thursday, November 10, 2011
Griya Ihsani 1, 10 November 2011

Siapa hayo... yang tidak suka kupu-kupu?? Banyak orang menyukai kupu-kupu tak terkecuali si kecil Aika. Tapi banyak juga yang takut atau bahkan jijik sama ulat. Padahal keduanya kan makhluk yang sama. Semua jenis kupu-kupu mengalami tahap-tahap hidup yang disebut metamorfosa yaitu mulai dari telur  menjadi ulat, ulat menjadi kepompong, dan akhirnya kepompong menjadi kupu-kupu yang cantik, Subhanallah...memang sungguh indah ciptaan Allah.


Hari yang cerah dan di kebun belakang juga lagi banyak kupu-kupu, adalah hari yang tepat udah belajar tentang kupu-kupu. Nah... ini dia Bunda udah nyiapin bahan-bahannya, ada selembar kertas hvs, lem, stik ice cream, telur, ulat, kepompong, sayap kupu-kupu, antena, mata dan daun makanan favorit si ulat.

Sepasang kupu-kupu akan menghasilkan telur dan mereka tidak perlu mengeraminya karena telur-telur itu akan menetas dengan sendirinya.
Telur kupu-kupu

Lima hari kemudian telur-telur itu akan menetas menjadi ulat. Ulat senang makan. Siang malam ulat makan. Karena itulah ulat cepat menjadi besar. Makanan favoritnya adalah daun-daun.
Daun makanan favorit ulat

Kok Aika ga jijik ma ulat ya ??
Setelah ulat menjadi besar, ulat menjadi malas, maunya tidur-tiduran terus. Lalu ulat mencari tempat yang nyaman untuk tidur panjang.
Tempat yang nyaman buat si ulat tidur panjang
Dalam tidur panjangnya itu, perlahan-lahan si ulat berubah menjadi kepompong. Kepompong tidak makan dan minum. Kepompong hanya bergelantungan di balik daun.
Lalu berubahlah si ulat itu menjadi kepompong
Setelah beberapa hari tidur panjanng, akhirnya makhluk baru yang disebut kupu-kupu akan muncul dari kepompong.
Memasang sayap kupu-kupu

Kupu-kupu mempunyai sepasang antena untuk membaui  dan sepasang mata untuk melihat

Membuat motif sayap kupu-kupu

Kupu-kupu yang cantik

Sekarang kepompong telah kosong. Seekor kupu-kupu cantik telah lahir. Kupu-kupu umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). Akan tetapi beberapa jenisnya menyukai cairan yang diisap dari buah-buahan yang jatuh di tanah dan membusuk, daging bangkai, kotoran burung, dan tanah basah.
Seekor kupu-kupu cantik telah lahir
Inilah yang disebut sebagai proses metamorfosis kupu-kupu. Ternyata butuh waktu yang cukup lama ya untuk berubah menjadi kupu-kupu yang cantik.
Metamorfosis kupu-kupu


*** Nduk Aika... semua akan indah pada waktunya... ***

Never stop learning nduk...

0 comments:

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.

 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop