12 April 2011

Si Ociel

Posted by Yuni "Dee" at Tuesday, April 12, 2011
Griya Ihsani 1, 12 April 2011

Kemaren sore Bunda dan Aika mulai berburu bahan-bahan untuk membuat craft di Pejaten Village. Satu set bahan untuk membuat boneka kecil ini adalah salah satu hasil perburuan kami di Pejaten Village. Ini pertama kalinya Aika membuat craft dari bahan foamtastic. Semoga dengan berkreasi dengan berbagai jenis bahan / media bisa menciptakan pengalaman-pengalaman kreatif ya nduk... Amin


Kepingan-kepingan boneka
Boneka ini terdiri atas beberapa (baca : banyak) kepingan foamtastic yang sudah berbentuk pola sehingga kami tinggal merakitnya saja.

Baju boneka
Bagian yang pertama kali Aika susun adalah baju. Untuk bajunya terdiri atas 2 pieces yaitu rok dan lengan. Aika menggabungkan rok dengan lengannya dulu. Bunda tanya, "Bajunya warna apa nduk ?? " Aika jawab, "Unyu" (ungu).
Membuat baju boneka

Kepala boneka
Bagian kepala ditempelkan di bagian belakang baju. Bunda tanya lagi," Klo kepalanya warnanya apa ? Aika jawab, "Hijau". Hebat...
Memasang kepala boneka

Hidung boneka
Hidung boneka yang mancung ditempel di tengah-tengah ya :)
Memasang hidung mancung

Mata boneka
Hayoo... matanya ada berapa ?? Dua nda...
Pasang kedua mata boneka

Tangan boneka
Klo tangannya ada berapa ?? Duaaa... kanan... kiri...
Memasang tangan

Topi dan rambut boneka
Bonekanya pakai topi ya... supaya nanti klo pas Aika ajak main, bonekanya ga kepanasan. pasang dulu bagian belakang topi. Lantas Aika tiba-tiba bilang, "Nda hitam." Bunda jawab, "Ya topinya warna hitam."
Bonekanya pakai topi

Lalu tempelkan rambut-rambut bonekanya... Bunda bantu ya...

Trus pasang topi bagian depannya
Nah bonekanya udah pakai topi dech

Kaki boneka
Kaki boneka terdiri dari 3 foamtastic yang berbentuk silender berwarna ungu dan hijau. Foamtasticnya dironce pakai kawat berbulu dengan pola ungu hijau hijau.
Meronce kaki boneka

Adekk...
Lalu Bunda membantu memasangkan kaki boneka ke badan boneka. Setelah bonekanya jadi Aika langsung panggil "Adekkk...". Bunda tanya, "Ini adek Aika ??". Aika jawab, "Iyaaa.." Bunda tanya lagi, "Namanya siapa?"Aika bilang, "Ociel". Bunda terkagum-kagum, "Oooo namanya Ociel". Alhamdulillah Aika sudah bisa memberi nama hasil karyanya.
Aika dan Ociel

Aika bilang "Nda foto nda..." (Aika ingin memotret Ociel). Dan inilah hasil jepretan Aika
"Ociel" hasil jepretan Aika
Lalu kami bernyanyi sambil menunjuk anggota tubuh Ociel : Mana matamu ? Ini mataku. Mana hidungmu ? Ini hidungku. Mana rambutmu ? Ini rambutku. Mana tanganmu ? Ini tanganku. Mana kakimu ? Ini kakiku ......

Alhamdulillah perkembangan kecerdasan visual spasial dan kecerdasan linguistik Aika sudah meningkat. Peningkatan kecerdasan visual spasial nampak dari Aika mampu menyebutkan warna topi hitam, warna kepala hijau, dan warna baju ungu. Peningkatan kecerdasan linguistik nampak dari dia mampu bercakap-cakap dengan Bunda dengan menggunakan 3 kata, memberi nama dan menyebutkan nama adekknya si Ociel. Tapi nampaknya rentang konsentrasinya masih pendek. Aika beberapa kali nampak bosan dan agak stres saat menyusun kepingan-kepingan boneka, yaaa... mungkin jumlah kepingannya juga terlalu banyak.

Ok.. never stop learning nduk...

0 comments:

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.

 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop