16 November 2011

Aku Bisa Pilih Baju Sendiri, Mandi Sendiri, Pakai Baju Sendiri dan Dandan Sendiri

Posted by Yuni "Dee" at Wednesday, November 16, 2011
Griya Ihsani 1, 16 November 2011

Alhamdulillah sudah 1 bulan ini tingkat kemandirian Aika lebih stabil. Aika sudah lebih sering mengerjakan sesuatu sendiri meskipun masih minta ditemani tapi Bunda cuma melihat aja."Ndiri aja ndiri Kakak Aika lebat (hebat)", teriak Aika saat Bunda atau Ayah bantuin ngerjain sesuatu. Hohohooo.. Kakak Aika hebat...iya donk....kan dah mau punya adek bayi, bentar lagi adeknya keluar, InsyaAllah :)


Kami menyimpan barang-barang kebutuhan Aika di tempat yang mudah dijangkau oleh Aika. Misalnya pakaian Aika diletakkan di rak yang lebih rendah dan dibuat pengelompokan pakaian. Satu tumpuk pakaian adalah satu kelompok pakaian mis kaos dalam, celana dalam, celana panjang, baju, jilbab dll sehingga Aika bisa ambil pakaian sendiri. Selain belajar mengambil pakaian sendiri, Aika juga belajar mencari pasangan baju   yang cocok.

Ketika mengambil pakaian Aika suka bawa trolley kecilnya. Pakaian yang sudah diambil lalu dimasukkan ke dalam trolley. Setelah selesai mengambil pakaian, trolley didorong dan diparkir di depan pintu kamar mandi.

Ambil baju
Ambil celana


Pakaian yang diambil
lalu dimasukkan trolley

Lalu melepas pakaian sendiri kecuali baju dan kaos dalam. Untuk melepas baju dan kaos dalam masih dibantu ayah atau Bunda. Lalu masuk kamar mandi, mandi sendiri dech tapi ya tentunya dengan pengawasan Ayah atau Bunda. Memang belum mandiri banget karena masih harus sering diingatkan misalnya ayo... lehernya digosok-gosok pakai sabun, sabunnya yang banyak, terus pundaknya, terus lengannya, perutnya juga dst... Setelah mandi sikat gigi ya.... Dan Aika langsung menjawab "Tidak pake odolll...". Padahal odolnya manis lho kok Aika gak suka ya... Habis mandi langsung ambil handuk dan menyambar trolleynya. Semua peralatan mandi seperti sabun mandi, sikat gigi,odol dan handuk semua diletakkan di tempat yang rendah yang bisa dijangkau Aika.

Setelah pakai handuk dengan sedikit bantuan, langsung pakai celana dalam, celana panjang, kaos dalam dan baju sendiri. Semua dilakukan sendiri. Untuk pakaian dalam yang di bagian depan tidak ada gambarnya, Bunda pasang pita kecil sebagai tanda bahwa bagian yang ada pitanya adalah bagian depan.

Pakai kaos dalam
Pakai baju
Setelah pakai baju lalu ambil sisir dan menyisir rambut sendiri. Ya tentunya belum rapi banget tapi di usianya saat ini hasil sisirannya sudah lebih rapi.

Menyisir rambut

Setelah menyisir rambut, ambil bedak dan pakai bedak sendiri. Pakai bedaknya pakai tangan aja, digosok-gosok ditangan lalu diusapkan ke wajah.

Bedak dituang ke tangan,
lalu disosk-gosok
Dan diusapkan ke wajah

Udah dandan, udah cantik dech....
Cantik kan...
Setelah selesai dandan, semua peralatan dikembalikan lagi ke tempat semula.

Menyimpan bedak dan sisir
Menyimpan handuk

Never stop learning nduk...

0 comments:

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.

 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop