29 November 2011

Puzzle 9 dan 12 Keping

Posted by Yuni "Dee" at Tuesday, November 29, 2011
Griya Ihsani 1, 29 November 2011

Puzzle adalah salah satu permainan anak yang yang cukup bermanfaat dan bersifat edukatif. Permainan ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam menyusunnya. Dengan terbiasa bermain puzzle, lambat laun mental anak juga akan terbiasa untuk bersikap tenang, tekun, dan sabar dalam menyelesaikan sesuatu. Kepuasan yang didapat saat ia menyelesaikan puzzle pun merupakan salah satu pembangkit motifasi untuk mencoba hal-hal yang baru baginya.

Kami mulai memperkenalkan puzzle ke Aika saat dia berumur 7 bulan. Dimulai dari puzzle satu keping. Saat itu kami memberikan puzzle geometri. Lalu setelah berumur 1 tahun lebih kami memberikan lagi puzzle Hello Kitty 4 keping ternyata Aika nya tidak berminat. Lalu saat Aika berusia 2 tahun dia mulai berminat lagi bermain puzzle satu keping milik teman-temannya. Setelah itu Aika tidak tertarik lagi. Dan sekeitar 2 bulan yang lalu kami memberikan puzzle bergambar tokoh kartun kesukaannya. Mulai hari itu Aika tertarik lagi bermain puzzle hingga hari ini.

Puzzle Hello Kitty 4 keping juga Aika mainkan lagi. Ditambah puzzle Loney Toons 9 keping, puzzle Barney 9 keping, puzzle Dora 12 keping dan puzzle mengenal angka dengan pinggir lekukan 12 keping.

Asyiknya bermain puzzle Loney Toons 9 keping.

Menyusun Puzzle Loney Toons 9 keping
Alhamdulillah berhasil...

Udah mahir ney main puzzle Dora nya...

Menyusun Puzzle Dora 12 keping
Inilah puzzle favoritku...

Bermain puzzle ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan membuat anak belajar berkonsentrasi. Saat bermain puzzle, anak akan melatih sel-sel otaknya untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya dan berkonsentrasi untuk menyelesaikan potongan-potongan kepingan gambar tersebut.

Permainan puzzle juga bisa melatih koordinasi tangan dan mata. Puzzle dapat melatih koordinasi tangan dan mata anak untuk mencocokkan keping-keping puzzle dan menyusunnya menjadi satu gambar. Puzzle juga membantu anak mengenal dan menghapal bentuk.

Dengan bermain puzzle juga bisa meningkatkan keterampilan kognitif/intelektual anak. Keterampilan kognitif  berkaitan dengan kemampuan untuk belajar dan memecahkan masalah. Puzzle adalah permainan yang menarik bagi anak balita karena anak balita pada dasarnya menyukai bentuk gambar dan warna yang menarik. Dengan bermain puzzle anak akan mencoba memecahkan masalah yaitu menyusun gambar.

Selanjutnya Bunda berharap, Aika akan tetep tertarik bermain puzzle dan dengan tingkat kesulitan lebih tinggi.

Never stop learning nduk...

0 comments:

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.

 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop