22 April 2011

Earth Day 2011

Posted by Yuni "Dee" at Friday, April 22, 2011
22 April adalah Hari Bumi (Earth Day). Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan.

Gagasan Hari Bumi dimulai sejak Nelson berpidato di Seattle tahun 1969, tentang desakan untuk memasukkan isu-isu kontroversial tentang lingkungan hidup, dalam kurikulum resmi perguruan tinggi mengikuti model teach in tentang anti perang. Gagasan Nelson mendapat dukungan luar biasa rakyat sipil.


Gaylord Nelson
Dukungan ini terus membesar dan memuncak pada 22 April 1970. Majalah TIME memperkirakan bahwa sekitar 20 juta orang turun ke jalan pada 22 April 1970. Nelson menyebutkan fenomena ini sebagai ledakan akar rumput yang sangat mencengangkan dimana : Masyarakat umum sangat peduli dan Hari Bumi menjadi kesempatan pertama sehingga mereka benar-benar dapat berpartisipasi dalam suatu demonstrasi yang meluas secara nasional, dan dengan itu menyempaikan pesan yang serius dan mantap kepada para politisi untuk bangkit dan berbuat sesuatu. Sejak itu, pada tanggal 22 April setiap tahunnya Hari Bumi (Earth Day) diperingati.

Hari Bumi menjadi hal terpenting dalam dunia konservasi dan daur ulang, karena hal ini membawa tanggung jawab besar terhadap kondisi ekologi dan bumi sebagai planet tempat kita hidup dan tempat kita berpijak.

Pada Hari Bumi ini kita diingatkan kembali untuk menyelamatkan bumi ini. Tema Earth Day 22 April 2011 adalah A Billion Acts of Green: our people-powered campaign to generate a billion acts of environmental service and advocacy before Rio +20.

Apa yang dapat kita ajarkan pada anak-anak tentang Hari Bumi ini ?? Bagaimana mereka berpatisipasi pada saat Hari Bumi ??

Membuat Bumi Papier-Mache
Anak-anak dapat belajar tentang bumi, lautan, massa es dan benua dengan membuat dunia mereka sendiri dari strip papier-mache melilit balon. Lukisan dan penamaan setiap daratan, pegunungan dan tubuh air adalah pelajaran geografi berharga buat mereka.

Investasi Dalam Energi
Pelajari Tentang Futures Karbon & Investasi Energi Lainnya.

Limbah Daur Ulang Peralatan
Membuat Hewan Daur Ulang untuk Hari Bumi
Kids Be Green
All about Earth Day Activities
10 Ways to go Green and Save Green
Reduce, Reuse, and Recycle
Learn about Reduce, Reuse, and Recycle
Kid's Page
Watch: Please Recycle-Pollution
Watch Video 3R's
Recycling Crafts for Kids
Crafts from Recycled Materials
Earth Day Games

Everyday is Earth Day. Save the planet... one day at a time

Sumber :
http://earthday2011.org/
http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Bumi
http://www.history.com/topics/earth-day
http://www.wisconsinhistory.org
http://homeschoolinamerica.blogspot.com/

1 comments:

Yuni on April 22, 2011 at 5:08 AM said...

Ready to take part in Earth Day 2011 ?

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.

 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop