30 November 2011

Huruf "b" - Bunga, Biji

By Yuni "Dee" at November 30, 2011 1 comments
Griya Ihsani 1, 30 November 2011

Selama ini Aika susah sekali (nampaknya belum berminat) belajar membaca (belajar alfabet), yaaa... mungkin juga salah satunya faktor usia. Saat ini Aika masih 3 tahun, mungkin ini bukan usia yang tepat untuk belajar membaca. Memang belajar membaca itu berat dan bisa membuat anak stres. Tapi Bunda tidak memaksa Aika untuk belajar membaca, Bunda hanya memperkenalkan alfabet pada Aika. Bunda mencoba memperkenalkan alfabet dengan cara membuat craft, semoga Aika enjoy.

Rambutku

By Yuni "Dee" at November 30, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 30 November 2011

"Rambutku" adalah kegiatan melukis rambut dengan jari. Kegiatan ini untuk belajar tentang "Identitasku" tentang bagian-bagian anggota tubuh.
Bahan yang digunakan untuk membuat cat yaitu pewarna makanan dicampur dengan tepung kanji dan air. Ketiga bahan tersebut dicampur dan diaduk rata.

29 November 2011

Puzzle 9 dan 12 Keping

By Yuni "Dee" at November 29, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 29 November 2011

Puzzle adalah salah satu permainan anak yang yang cukup bermanfaat dan bersifat edukatif. Permainan ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam menyusunnya. Dengan terbiasa bermain puzzle, lambat laun mental anak juga akan terbiasa untuk bersikap tenang, tekun, dan sabar dalam menyelesaikan sesuatu. Kepuasan yang didapat saat ia menyelesaikan puzzle pun merupakan salah satu pembangkit motifasi untuk mencoba hal-hal yang baru baginya.

27 November 2011

4 Jenis Peran Ayah di Rumah

By Yuni "Dee" at November 27, 2011 0 comments
Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran yang kaku antara Ayah dan Ibu tidak memadai dan bukan zamannya lagi. Baik Ayah maupun Ibu, semuanya menjalani peran-multi di dalam keluarga.
Mengenai peran Ayah, ada 4 peran Ayah di dalam keluarga sebagaimana yang dinyatakan oleh Najeela Shihab. Peran itu adalah:

25 November 2011

Menghias Sepeda

By Yuni "Dee" at November 25, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 25 November 2011

Ayah sudah libur lagi... Saatnya bermain bersama Ayah nech...
Tadi Aika dan Ayah nemu kertas krep di jalan. Nyampe rumah langsung ambil lem, tempel-tempel, terus minta karet ma Bunda. Ahaaa...ternyata Aika mau menghias sepedanya.
Tapiii... kok pakai karet juga ya... karetnya mau buat apa ya ??

24 November 2011

Membuat Pola

By Yuni "Dee" at November 24, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 24 November 2011

Bricks adalah permainan baru Aika. Belum banyak yang bisa Aika mainkan dengan permainan ini. Sudah beberapa kali Aika memainkannya tapi mainnya cuma ditancap-tancap aja. Hari ini Bunda mencoba mengajari membuat pola kuning biru oranye hijau dan menancapkan mengikuti garis lurus.

Sedang berusaha supaya tancappannya lurus

23 November 2011

Rumahku

By Yuni "Dee" at November 23, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 23 November 2011

Permainan balok memang sangat mengasyikkan. Permainan ini bisa meningkatkan daya kreatifitas anak. Susun... susun... susun... Susun yang tinggi... hati-hati ya... pelan-pelan ya... biar ga roboh. Dan... alhamdulillah inilah "Rumahku" sebagai tempat tinggalku udah selesai kubangun...

Siapakah Tuhanmu ?

By Yuni "Dee" at November 23, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 23 November 2011

Kali ini Aika membuat alat bantu untuk menyanyi sebuah lagu tentang mengenal Tuhan sekaligus mengenal tulisannya.
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain beberapa kartu bertuliskan Allah, Nabi Muhammad, Islam dan Al Quran, sumpit serta selotip. Sumpitnya berguna sebagai pegangan pada saat nyanyi.

Merapikan Sendok dan Garpu

By Yuni "Dee" at November 23, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 23 November 2011

Bantu Bunda beres-beres yuukkkkk... Bunda habis cuci piring buuanyak, sendok dan garpu juga banyak. Aika ingin bantu merapikan sendok dan garpunya. Ada sendok besar dan kecil, ada garpu besar dan kecil. Jadi ada 4 kelompok. Ayo dipilih-pilih dikelompokkan sesuai jenis dan ukurannya.... dan langsung dimasukkan ke tempat penyimpanan sendok dan garpu.

22 November 2011

Membuat Marakas

By Yuni "Dee" at November 22, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 22 November 2011

Di rumah Aika punya banyak botol susu bekas. Biasanya cuma buat main masak-masak. Tapi kali ini Bunda punya ide lain, kayaknya klo botol susunya dibikin marakas dengan suara yang beda-beda bakal seru ney dan  lagi nanti marakasnya bisa buat mengiringi Aika klo lagi nyanyi dan mungkin nanti bisa dipakai juga untuk menstimulasi adek Aika klo udah lahir.

Bahan-bahan yang diperlukan sederhana aja yaitu botol susu bekas, karet, plastik, batu, kerikil, pasir, beras, kacang hijau dan jagung. Semua bahan sudah tersedia di taman belakang dan di dapur Bunda, jadi bisa hematttt.....

Aku Bisa Menjemur Pakaian Sendiri

By Yuni "Dee" at November 22, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 22 November 2011

Saatnya bantu-bantu Bunda. Bunda menjemur lagi menjemur lagi.... Cucian Bunda banyak kayaknya perlu bantuan biar cepat selesai terus main sama Kakak Aika.

Hihi... Ternyata Kakak Aika tidak sebesar yang dia bayangin, tu buktinya... ambil baju dari mesin cuci aja masih pakai bangku. Tapi gak apa-apa, anak hebat  rajin bantu Bunda. Semoga selalu jadi anak hebat dan anak sholeh. Amin.

21 November 2011

Refleksi 6 tahun Pernikahan

By Yuni "Dee" at November 21, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 21 November 2011

Bismillahirohmanirrokhim

Assalamu'alaikum warahmatullohi wabarokatuh

"Maha suci Allah yang telah menciptakan semua makhluk-Nya berpasang-pasangan, baik dari apa yang tumbuh di bumi dan dari mereka sendiri, maupun dari apa yang mereka tidak ketahui “ (QS. Yasin : 36)

Suamiku…
Maha Suci Allah SWT yang telah mempertemukan kita, menyatukan kita dalam cinta dan kasih sayang-Nya. Puji dan syukur tertinggi, kita telah melaksanakan salah satu sunnah Rasulullah, menyempurnakan separuh agama ini. Hari ini 6 tahun yang lalu, aku telah menjadi bagian dalam hidupmu, mengisi hari-harimu.

16 November 2011

Aku Bisa Pilih Baju Sendiri, Mandi Sendiri, Pakai Baju Sendiri dan Dandan Sendiri

By Yuni "Dee" at November 16, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 16 November 2011

Alhamdulillah sudah 1 bulan ini tingkat kemandirian Aika lebih stabil. Aika sudah lebih sering mengerjakan sesuatu sendiri meskipun masih minta ditemani tapi Bunda cuma melihat aja."Ndiri aja ndiri Kakak Aika lebat (hebat)", teriak Aika saat Bunda atau Ayah bantuin ngerjain sesuatu. Hohohooo.. Kakak Aika hebat...iya donk....kan dah mau punya adek bayi, bentar lagi adeknya keluar, InsyaAllah :)

15 November 2011

Langsung dari Mulut Kuda

By Yuni "Dee" at November 15, 2011 0 comments
Charlotte Mason sangat mencintai alam. Rutinitas hariannya menunjukkan betapa alam menjadi prioritasnya. Ia menghabiskan hampir dua jam setiap sore di alam terbuka, tak peduli cuacanya seperti apa atau sesibuk apa pun dia. Waktu masih muda, biasanya ia berjalan-jalan. Tapi kesehatan Charlotte memang rentan; perempuan baik hati ini mengidap penyakit jantung. Maka akhirnya, ia harus menukar acara jalan-jalan yang sangat ia cintai dengan naik kereta kuda.

13 November 2011

Ciptaan Allah

By Yuni "Dee" at November 13, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 13 November 2011

Allah Maha Esa, Allah Maha Kuasa, Allah Maha Pengasih, Allah Maha Penyayang memberi segala kebutuhan kita, memberi kita baju, rumah, makanan yang enak, memberi pemandangan yang indah, menurunkan hujan dll.

Kita harus mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan pada kita dengan cara sholat, puasa, bersedekah, sayang sama Ayah Bunda, berbuat baik kepada teman dll. Yuk kita liat apa aja sich ciptaan Allah itu...

12 November 2011

Belajar Naik Sepeda

By Yuni "Dee" at November 12, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 12 November 2011

"Hore... Alhamdulillah aku punya sepeda baru, hadiah dari Kung", teriak Aika. Aika suka belajar naik sepeda di dapur dan ditabrakin ke pintu meja dapur... brakkk....Aduuuh bisa rusak ney dapur Bunda. Aika suka belajar naik sepeda sama Ayah. Klo ada Kung disini suka belajar naik sepeda sama Kung juga. Atau kalo Om Tommy lagi main ke rumah Aika, Aika suka belajar naik sepeda sama Om Tommy. Tapi ya gitu dech... selalu ditabrakin ke pintu meja dapur... brakkk...

11 November 2011

11 Karakteristik Pendidikan Charlotte Mason

By Yuni "Dee" at November 11, 2011 0 comments
Apa kekhasan pendidikan Charlotte Mason dibandingkan sistem pendidikan dan metode homeschooling lainnya? Ide-ide pendidikan apa saja yang ia tawarkan kepada kita? Dengan enam volume buku yang masing-masing tebalnya 300-an halaman dan berbagai artikel lepas yang ia tulis, mustahil meringkas semua pemikirannya ke dalam beberapa butir saja. Tetapi demi mendapatkan suatu tinjauan umum sebelum memutuskan apakah Anda menyukainya, saya ingin membantu Anda memahami konsep-konsep kunci dari metode Charlotte Mason.

Memperkenalkan Sang Guru

By Yuni "Dee" at November 11, 2011 0 comments
Dia memakai gaun hitam sederhana yang menjuntai hampir ke lantai, dengan rambut tersanggul ke atas, lazimnya guru-guru perempuan lain di Inggris era Victoria. Namun, beda dari banyak guru lain, ia tidak pernah membentak murid-muridnya dengan wajah keras dan berkerut-kerut. Beda dari banyak guru lain, ia tidak mengajar karena kesehatannya tidak memungkinkan untuk menekuni profesi lain yang lebih menguntungkan. Beda dari guru-guru lain, tangannya tak pernah sigap meraih tongkat rotan dan memukul anak sesuai buku panduan disiplin sekolah: anak laki-laki di pantat, anak perempuan di tangan atau kaki telanjang. Beda dari banyak guru lain, di kelasnya tidak pernah ada topi kurcaci kerucut dengan tulisan besar-besar DUNGU untuk dipakaikan kepada muridnya yang gagal mengeja dengan benar.

Orang Tua Cerdas Belajar dari Ibrahim AS

By Yuni "Dee" at November 11, 2011 0 comments
Sejarah mencatat betapa cinta ibunda Nabi Ibrahim, AS telah memberikan motovasi bagi Ibrahim kecil. Masa kecil di sebuah gua di tengah hutan mengantarkan Ibrahim menemukan Tuhan yang Maha Pencipta. Tiada satupun yang patut di sembah selain Allah SWT. Ibrahim pun berani menantang resiko berdakwah kepada ayah dan raja Namrud. Itulah cinta Ibu yang mencerdaskan. Begitu pula cinta Asiah istri Firaun yang mendampingi Nabi Musa, AS semasa kecil. Kasih sayangnya menembus batas kesenangan dunia sebagai istri raja. Asiah telah mengantarkan Musa menjadi pemimpin kaumnya dan berani menentang kedzaliman Firaun.

Pentingnya peran ayah dalam proses mencerdaskan anak dengan cinta. Mari belajar pada Ayah para Nabi, Ibrahim AS.Rangkaian ibadah haji dan pemotongan hewan qurban adalah gambaran betapa Ibrahim AS mendedikasikan dirinya sebagai ayah yang baik kepada anaknya Ismail AS. Tak serta merta menyuruh anak

Kereta Mengangkut Batu

By Yuni "Dee" at November 11, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 11 November 2011

Naik kereta api tut tut
Siapa hendak turut....
Asiknyaaaa.... naek kereta bisa lihat pemandangan alam. Tapiii...kali ini lain, ini adalah kereta pengangkut batu jadi penumpangnya cuma batu dech... Kereta mengangkut batu dari pegunungan.

Coba liat tu Aika lagi berkreasi dengan tanah liat dan batu-batu. Oh Aika bikin gunung, tapi bikin gunungnya masih dibantu Bunda. Dibalik gunung ada banyak batu-batu.

10 November 2011

Kupu-kupu

By Yuni "Dee" at November 10, 2011 0 comments
Griya Ihsani 1, 10 November 2011

Siapa hayo... yang tidak suka kupu-kupu?? Banyak orang menyukai kupu-kupu tak terkecuali si kecil Aika. Tapi banyak juga yang takut atau bahkan jijik sama ulat. Padahal keduanya kan makhluk yang sama. Semua jenis kupu-kupu mengalami tahap-tahap hidup yang disebut metamorfosa yaitu mulai dari telur  menjadi ulat, ulat menjadi kepompong, dan akhirnya kepompong menjadi kupu-kupu yang cantik, Subhanallah...memang sungguh indah ciptaan Allah.
 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop