29 March 2011

Membuat Bunga Matahari

Posted by Yuni "Dee" at Tuesday, March 29, 2011
Griya Ihsani 1, 29 Maret 2011

Terinspirasi dari sebuah iklan susu anak di stasiun tv swasta, lalu muncullah ide untuk membuat bunga matahari yang pewarnaannya menggunakan teknik tetesan. Caranya cukup simpel, setelah membuat bunga matahari, teteskan cat pada mahkota bunga matahari, diamkan sejenak, cat akan menyebar dengan sendiri.


Pada pembuatan bunga matahari ini untuk mahkota bunganya Bunda yang sediakan, Aika tinggal mewarnai aja dengan teknik tetesan.

Cat diteteskan pada mahkota bunga
Cat diteteskan sedikit demi sedikit di atas mahkota bunga. Setiap mahkota menggunakan satu warna, kali ini Aika akan membuat 4 tangkai bunga dan warna yang digunakan 4 juga diantaranya pink, hijau, ungu dan orange. Pada tahap ini Aika bisa berlatih meningkatkan konsentrasi dan melatih motorik halusnya (kecerdasan kinestetik) serta mengenal beberapa macam warna (kecerdasan naturalis).
Cat diteteskan pada mahkota bunga matahari.

Diamkan sejenak dan keringkan
Lalu diamkan sejenak sambil mempelajari tentang kapilartias dengan mengamati bagaimana air bisa menyebar pada kertas dan mengamati bagaimana sesuatu yang basah bisa berubah menjadi kering (kecerdasan naturalis).
Kemudian diamkan sampai cat menyebar rata dan tunggu sampe kering.

Dan... inilah hasilnya
Setelah kering pasang sedotan untuk tangkai bunga dan pasang putik bunganya. Untuk memasang tangkai bunga dan putik bunga ini dibantu Bunda karena Aika belum bisa mengerjakan sendiri. Anak yang super narsis ini selalu bangga dengan karya-karyanya (kecerdasan intrapersonal).
Inilah  hasilnya...

Meskipun Aika belum pernah melihat bunga matahari secara live tapi yaa... paling tidak Aika sudah punya gambaran seperti apakah bunga matahari itu, hal ini bisa untuk meningkatkan kecerdasan naturalisnya, meningkatkan krativitasnya serta meningkatkan kecerdasan visual spasial karena Aika mampu meniru bentuk sesuai aslinya dan menuangkannya dalam sebuah karya.

Yuukkkk... berbagi dengan teman-teman. Bunga pink untuk Kak Naufal, bunga hijau untuk Aira, bunga orange untuk Bu Aan Bundanya Kak Kay n Tay dan bunga ungu untuk ayah. Pada dasarnya Aika suka berbagi tetapi terkadang perlu dimotivasi sedikit dan Ayah Bunda akan terus memotivasi Aika, InsyaALLAH,    supaya kecerdasan interpersonalnya semakin berkembang dengan baik. Amin.

Never stop learning nduk...

0 comments:

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.

 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop