08 December 2010

Sekolah Saat Ini: SBI dan RSBI

Posted by Yuni "Dee" at Wednesday, December 08, 2010
Ujian Nasional SD sudah selesai. Adikku yang masih kecil bingung mau melanjutkan ke Jenjang sekolah berikutnya. Pengennya si adik melanjutkan ke sekolah menengah pertama (SMP) negeri yang jadi favorit di kota saya. Sekolah yang didambakan oleh setiap orang tua murid di kota tempat tinggal saya. Namun yang terlihat fenomena sekarang ini adalah sekolah-sekolah favorit sudah berganti dengan slogan-slogan berstandar internasional (SBI) ataupun sekedar rintisan berstandar internasional (RSBI).

Yang dipermasalahkan dalam mendaftar di sekolah RSBI ataupun SBI adalah kendala di biaya. Sekarang biaya pendidikan standar walaupun sudah ada bantuan dari pemerintah masih tetap saja mahal. Apalagi kini harus masuk ke sekolah yang ada slogan internasional itu.


*****

Sebuah kemajuan atau kemunduran

Menurut opini saya sendiri, RSBI dan SBI bisa mencerminkan kemajuan bangsa ini dalam dunia pendidikan.Pendidikan kita semakin berkembang menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Materi yang diajarkan memang lebih fokus ke kebutuhan paan jaman sekarang seperti komputer dan bahasa inggris namun tidak meninggalkan materi-materi yang dasar dan wajib diajarkan kepada peserta didik.

Namun yang masih menjadi sebuah problematika saat ini adalah sudah siapkah sekolah-sekolah untuk menerapkan menuju sekolah berstandar internasional?? baik jika dipandang dari faktor 6M : Man (SDM), Money (anggaran), material (input), Machine (bahan ajar), Methode (sistem pengajaran), Management. Tentunya jika persyaratan tersebut sudah dilengkapi pasti tidak ada kasus terjadi kendala-kendala dalam pengajaran RSBI dan SBI.

Output Pendidikan

kita harus kembali mengingat tujuan dari pendidikan kembali. Bukannya pendidikan itu bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. jadi input semula dari kebodohan bisa menjadi orang yang cerdas, minimal sudah tidak dibodohi lagi. Jadi sekolah sekolah harus mengajari peserta didiknya untuk menjadi orang, menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain.

*****

Saya jadi teringat mengenai masa sekolah saya waktu kecil. Di mana banyak sekali keterbatasan dalam menempuh sekolah SD dan SMP. Namun yang menjadi motivasi semangat dalam belajar adalah rasa kebersamaan, rasa berkumpul dengan teman-teman sekolah yang mungkin saat ini sudah hilang atau pun sudah pudar.

Semoga pendidikan Indonesia menjadi semakin maju dan melahirkan banyak generasi-generasi yang cerdas. Saatnya kita bangkit. o Bagaimana menurut anda??

o iya, alhamdulillah adik saya sudah diterima di smp favorit yang ada slogannya SBI itu. Semoga biayanya tidak membebani kedua orang tua saya. Amin..

~Wibisono~

http://aguswibisono.com

0 comments:

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.

 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop