07 August 2010

Memulai PAUD materi untuk usia 2-3 tahun

Posted by Yuni "Dee" at Saturday, August 07, 2010
MATERI PAUD USIA 2-3 TAHUN
by leilla

pada prinsipnya anak-anak sangat suka bermain. oleh karena itu saat menyusun program belajar, pilihlah materi2 yg menyenangkan. untuk anak usia 2-3th mungkin belum mengenal konsep belajar namun dengan banyaknya bermain mereka akan mendapatkan beberapa pengetahuan baru sekaligus. inilah yang disebut sebagai proses bermain sambil belajar.

untuk kelas 2-3th biasanya kami tidak banyak memasukkan teori2. namun lebih pada praktek yang melibatkan anak sendiri dan orangtua yang mendampingi. kegiatannya bervariasi seperti berikut:


1. menangkap dan melempar bola
2. mendengar aba-aba (lari, jalan, berhenti)
3. naik turun tangga
4. meniti tali (seolah-olah dibuat sbg jembatan)
5. bermain kereta api melewati terowongan
6. mendorong kursi
7. berlari dan memindahkan benda
8. bernyanyi sambil bergaya
9. menyusun balok atau puzzle
10. berlari, merangkak, melompat, berjalan mundur, zig-zag

adapun kegiatan melatih motorik halus adalah sbb :

1. mewarnai (bersama dengan ibunda masing-masing)
2. menabur (bersama dengan ibunda masing-masing)
3. meronce (bersama dengan ibunda masing-masing)
4. menempel (bersama dengan ibunda masing-masing)
5. klasifikasi benda

semua kegiatan tersebut bisa dilakukan sesuai dengan tema yang diberikan, misalnya :

* aku
* keluargaku
* teman-teman
* tubuh kita
* panca indera
* rumah kita
* kemandirian
* sekitar kita : dunia hewan
* sekitar kita : dunia tumbuhan
* transportasi
* aneka bentuk : lingkaran, kotak, segitiga
* cuaca

setiap tema bisa dikembangkan dan disesuaikan dengan jumlah pertemuan, misalnya 1 tema dibahas dalam waktu 4 kali pertemuan, maka buatlah beberapa kegiatan atau lembar kerja yang harus diselesaikan selama pertemuan tsb. carilah juga lagu-lagu yg mendukung tema supaya anak bisa lebih mudah mengingat pesannya.

yang perlu diingat dalam kegiatan belajar kelas 2-3th adalah mengajarkan anak bagaimana ia harus bisa mendengar perintah. anak-anak harus terbiasa melakukan perintah dari sang Bunda, misalnya berbaris, antri, bergantian, dsbnya. hal ini harus dilakukan terus secara berulang-ulang. bg perkembangan anak, pengulangan kebiasaan itu sangatlah penting. ini dapat menjadi bekal sebagai persiapan mereka untuk masuk ke kelas yang lebih besar. berdasarkan pengalaman, anak-anak yang tidak melalui kelas 2-3tahun, rata-rata mengalami kesulitan menyesuaikan diri di kelas besar 3-4tahun.
adapun kendala yang nantinya dihadapi biasanya berkaitan dengan orangtua murid. banyak orangtua yang merasa proses belajar usia 2-3th ini seolah tidak ada artinya, karena anak hanya diberi waktu untuk bermain saja. namun demikian sebagai Bunda, kita harus dapat menjelaskan pada orangtua bahwa justru pada usia inilah proses belajar itu bermula. melalui aneka permainan anak dapat menyerap maknanya. bahkan anak-anak yang kelihatannya hanya melihat saja tanpa melakukan apa-apa, itu juga bisa disebut sebagai proses belajar, karena mereka merekam apa saja yang dilihatnya dalam memori ingatan mereka.

ok, Bunda.. kita ketemu di materi mendatang yaa....
selamat melayani :)

http://playgroupku.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.

 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop