27 September 2009

Buku Untuk Anak

By Yuni "Dee" at September 27, 2009
Buku yang Anda pilih untuk dibaca bersama anak Anda sangatlah penting. Perkenalkanlah buku bacaan kepadanya sejak dini. Biarkan anak bermain dengan buku tersebut. Sebaiknya, Anda memberikan buku yang dibuat khusus untuk anak – anak yang sesuai dengan usianya, jika usianya masih terlalu kecil coba buku dengan bentuk papan dan lembar halaman yang tebal. Juga perhatikan buku-buku dengan kemasan yang lembut dan dan mudah dibersihkan, atau buku berisi pop-up yang berisi banyak pernak-pernik kejutan untuk si kecil. Juga buku-buku yang berisi gambar-gambar sederhana yang sering dijumpai anak Anda. Jangan kecewa bila anak Anda malah mengunyah dan menjilati buku yang Anda berikan dan bersabarlah. Bercengkramalah bersama anak Anda sambil menunjukkan betapa menyenangkannya membaca dan menceritakan cerita dalam buku tersebut, sehingga anak Anda akan tertarik.


Ketika anak sudah mulai memasuki masa prasekolah, Anda dapat mencari buku-buku yang berisi kata-kata dan kalimat-kalimat yang lebih panjang dan terdapat banyak frase di setiap lembar halamannya. Cari juga buku-buku dengan kata-kata dan frase-frase tertentu yang berulang-ulang, sehingga anak akan membacanya dan mengingatnya ketika ia menemukan kata-kata dan frase-frase yang sama di buku lainnya. Ketika anak mulai bersekolah, Anda bisa memberikan buku bacaan yang khusus ditulis untuk pembaca pemula, termasuk buku yang bersisi beberapa bab dan terdapat foto-foto di dalamnya, serta menyediakan berbagai informasi yang nyata dari pada sekedar cerita fiktif.

Anda akan melihat bagaimana anak-anak tertarik dengan buku-buku tentang berbagai tokoh terkenal, tempat-tempat bersejarah dan yang menarik untuk dikunjungi, dan berbagai hal yang anak-anak gemari lainnya. Jika anak Anda memiliki ketertarikan khusus terhadap dinosaurus atau balerina misalnya, Anda sebaiknya mencari buku-buku yang berisi hal-hal tersebut.

http://www.melindahospital.com

0 comments:

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.

 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop